04Sep

BAZNAS Dorong Pengembangan Usaha Pangan Berbasis Bahan Lokal di Bogor

BAZNAS Microfinance Desa Bojong Rangkas dorong pengembangan usaha tepung Mocaf pada kelompok wanita tani di Kampung Gunung Leutik, Desa Benteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Modified cassava flour (Mocaf) merupakan tepung yang berasal dari singkong yang diolah dengan beberapa tahapan hingga menjadi sebuah tepung. Tepung mocaf bisa menjadi alternatif tepung gandum yang saat ini dipasok dari stok impor.

Selain itu tepung mocaf juga bisa menjadi sumber karbohidrat berbasis pangan lokal pengganti beras.

Pada Kamis (3/9/2020) sebanyak 10 mitra BAZNAS Microfinance Desa Bojong Rangkas melakukan Wa’ad penyaluran dana zakat. Rencananya dana zakat yang diterima akan direalisasikan untuk membeli peralatan dan menunjang perbaikan rumah produksi. Ibnu Hafidz selaku pendamping BAZNAS Microfinance Desa Bojong Rangkas menjelaskan, usaha tepung mocaf merupakan salah satu kelompok usaha mitra yang memiliki perkembangan yang cukup baik.

Pada awal 2019, rata – rata produksi chips sebayak 250 kg/bulan kini dalam satu bulan kelompok ini mampu memproduksi rata – rata 400 kg chips.

“Kelompok ini bergabung pada awal 2019, awalnya rata – rata produksi 250 kilogram dalam bentuk chips, kini sudah mencapai 400 kilogram chips, ” ungkap Ibnu.

Saat ini tepung mocaf produksi kelompok 32 sudah memiliki pelanggan tetap dari salah satu universitas di Bogor dan dipasarkan di 10 rumah produksi produk Mocaf di Bogor. Selain diproduksi dalam bentuk tepung, saat ini tepung mocaf mitra BAZNAS Microfinance Desa Bojong Rangkas juga sudah diolah dalam bentuk aneka makanan seperti brownis, peyek, egg roll, dan lain sebagainya.

Leave a reply